Modal Awal Usaha Toko Pakan Untuk Pemula

4 Modal Awal Usaha Toko Pakan Untuk Pemula dan Keuntungannya

Modal Awal Usaha Toko Pakan

Toko pakan akhir-akhir ini sangat mudah ditemui, tidak hanya menjual satu jenis pakan saja tetapi juga banyak jenis diantaranya ayam, ikan, burung, kembing, domba, sapi. Usaha pakan pun bisa dibilang menjanjikan dengan profit yang terus mengalami kenaikan, lantas berapa modal awal usaha toko pakan yang wajib dimiliki?

Pada pembahasan ini, mari kita cari tahu modal awal usaha toko pakan yang banyak di geluti masyarakat, mulai dari toko kecil hingga mencapai ke toko yang sudah cukup banyak menjual berbagai jenis pakan.

Prospek Usaha Pakan Ternak

Seperti yang dilihat saat ini, di seberang jalan biasanya terdapat ada usaha toko pakan yang menjual berbagai macam pakan meliputi pakan ayam, ikan, burung, dan lain-lain yang laris manis diserbu banyak pembeli. Seiring bertambahnya jumlah para peternak, sehingga kini jumlah toko pakan ternak menjadi bertambah. Tidak hanya menjual satu macam jenis dan merk yang sama, namun mencari yang dibutuhkan para peternak demi permintaan yang semakin tinggi dan tetap memperhitungkan harga murah sesuai pasaran.

Bagi yang jeli melihat peluang usaha ini segera memanfatkannya dengan cara membuka toko pakan hewan dan pupuk. Memang usaha pakan hewan lebih banyak di jumpai di daerah pedesaan, karena disana masih banyak lahan luas dan hijau untuk memelihara hewan ternak ayam, ikan, bebek, kambing, sapi, sehingga usaha pakan ternak lebih menguntungkan. Usaha pakan ternak juga dibarengi dengan usaha pupuk jauh lebih menguntungkan sebab para peternak sering kali membuka lahan tanaman perkebunan.

Anda yang tinggal di kota juga memiliki peluang yang sama, di kota terdapat beberapa jenis usaha peternakan seperti ternak ikan, ternak burung love bird, ternak ayam, ternak lele dan jenis hewan lainnya, walau pun tidak sebanyak di pedesaan. Melihat kenyataan itu bahwa banyak orang yang beternak hewan yang membuat usaha toko pakan ternak sangat menjanjikan dan untung besar serta dibarengi terhadap permintaan pakan hewan sangat tinggi.

Usaha Pakan Ternak Rumahan

Untuk memenuhi kebutuhan utama akan pakan hewan ternak tersebut mereka membeli pakan di toko pakan dengan jangkauan yang terdekat dari lokasi. Mengapa banyak orang baik di kota atau di pedesaan memelihara dan ternak hewan seperti ikan, burung, ayam, bebek, entok, kambing, domba, sapi, kerbau? Ada banyak alasan yang melatar belakangi semua itu, bisa jadi karena hobi dan ada demi kebutuhan utama.

Pembelian yang cukup tinggi membuat usaha pakan ternak rumahan bisa mencapai untung besar, tidak hanya kalangan masyarakat tetapi perusahaan sudah banyak merekomendasikan pembelian pakan dari toko. Pembeliannya mencapai jumlah sangat signifikan terus menerus.

Jika di daerah sekitar Anda belum ada toko pakan atau ada tetapi lokasinya sangat jauh untuk di jangkau dan banyak orang yang sudah membuka usaha toko pakan. Itu akan membuka peluang usaha toko pakan ternak rumahan Anda, dengan modal sedikit disertai berani mencobanya bisa menjual berbagai jenis dan macam pakan ternak jagung, katul, wheat bran, pelet ikan, aneka pakan burung, aneka konsentrat, vitamin hewan ternak, kleci, obat cacing, kompos, ampas telo, dan lain-lain.

Tips Sukses Usaha Pakan Ternak bagi Pemula

  1. Niat, semangat walaupun latar belakang pendidikan Anda tidak berasal dari pendidikan peternakan, pertanian, perikanan, yakin akan sukses bila dijalani dengan semangat, kerja keras dan mau belajar
  2. Mencari dan mendapatkan pakan ternak dari distributor langsung di berbagai daerah. Cari yang harganya cukup terjangkau, misal ingin memperoleh pakan kleci harga per kg leci sebesar Rp 4000 sampai Rp 7000 di daerah Jakarta dan Lampung
  3. Penjualan pakan ternak bisa dilakukan dalam partai kecil eceran atau partai besar dalam modal yang ditentukan
  4. Promosi baiknya dilakukan secara gencar agar penjualan menarik banyak konsumen
  5. Pelayanan yang diberikan harus ramah, sopan dan cepat serta harga yang ditawarkan lebih kompetetif dari pesaing. Ini nanti akan berdampak konsumen puas dan menjadi pelanggan tetap
  6. Memberikan harga yang lebih murah kompetetif dari kompetitor, sebab harga menentukan pembeli beralih ke toko lain. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek harga pasaran
  7. Pastikan kualitas pakan dari distributor sampai ke pembeli berkualitas baik, agar tidak merugikan konsumen dan toko
  8. Jangan putus asa atau pantang menyerah, jika toko pakan mengalami penurunan pembeli lakukan ulang promosi gencar lewat brosur, spanduk bahkan sosial media
  9. Usahakan toko pakan ternak buka setiap hari dengan jam yang konsumen tahu tanpa libur. Hal ini menunjukkan kelebihan toko pakan Anda dari pesaing

Bagaimana, apakah Anda tertarik membuka usaha toko pakan ternak? Pastikan Anda memenuhi persyaratan modal awal usaha toko pakan ternak berikut ini:

  1. Modal awal usaha dengan biaya minimal sekitar Rp 5 juta
  2. Permintaan pakan ternak disekitar atau daerah Anda lumayan tinggi
  3. Belum adanya usaha pakan yang sama di daerah Anda. Kalau pun ada letaknya tidak berdekatan dengan Anda
  4. Lokasi toko pakan ternak berada di tempat strategis dan gampang dijangkau oleh konsumen

Rincian Biaya-biaya Modal Awal Usaha Toko Pakan

  • Belanja untuk bahan baku awal Rp 4 juta
  • Sewa lokasi usaha atau sama dengan usaha di rumah Rp 500 ribu
  • Biaya listrik dan telepon Rp 100 ribu
  • Gaji karyawan Rp 1 juta (Bila ada)
  • Biaya yang tidak terduga lainnya Rp 400 ribu

Maka total modal yang dikeluarkan untuk awal membuka toko pakan ternak sebesar Rp 6 juta. Modal awal ini bisa saja lebih kecil bila Anda merintis tanpa karyawan, mencari distributor yang terbaik dan murah dan mencari lokasi yang tidak terlalu mahal untuk sewanya.

Keuntungan Usaha Pakan Ternak

Diumpamakan dalam satu hari terjadi penjualan eceran pakan dan omset kotor yang Anda peroleh adalah sebesar Rp 200 ribu, maka dalam waktu satu bulan diperoleh omset kotor sekitar Rp 6 juta (30 kali Rp 200.000). Untuk omset partai besar perbulan mendapat Rp 5 juta, maka laba kotor yang didapatkan sebesar Rp 11 juta. Laba Rp 11 juta yang diperoleh bila dikurangi biaya usaha Rp 6 juta maka keuntungan bersih sebesar Rp 5 juta perbulan. Sudah dipastikan dalam waktu dua bulan sampai tiga bulan akan balik modal. Kesimpulannya, bahwa untuk sukses bangun dahulu modal awal usaha toko pakan dengan tekun, rajin, sabar, pantang menyerah, terus belajar, terus berusaha kerja keras, telaten fokus dan selalu berdoa. Itu semua akan mengikuti hasil kedepannya, ingat kesuksesan menjalani apapun itu seseuai dengan prosesnya.

Referensi: https://www.investasiuntung.com/2017/06/rincian-biaya-modal-usaha-pakan-ternak.html
Artikel Terkait: