Nama Alat Pemukul Tenis Meja disebut?

Nama Alat Pemukul Tenis Meja disebut

Nama alat pemukul tenis meja adalah bet. Ya, bet adalah alat yang dipakai untuk memukul bola pada permainan tenis meja. Tenis meja adalah olahraga yang dimainkan dengan menggunakan alat seperti tenis lapangan lainnya.

Dalam satu istilah tenis meja boleh jadi tidak populer dikalangan anak-anak. Perlu kamu tahu tenis meja merupakan cabang olah raga yang dimainkan oleh dua orang atau empat orang dalam satu pertandingan, mempunyai set waktu dalam sekali pertandingan dan dimainkan oleh orang tua, remaja dan hingga kini anak-anak pun sudah mengenal permainan ini.

Tenis meja dibuat di Inggris sekitar abad ke-19 dimana permainan yang hanya dimainkan oleh orang kelas atas sebagai permainan indoor setelah makan malam. Seperti halnya bulu tangkis, tenis meja juga mempunyai cara permainan tersendiri untuk memegang alat pemukulnya (raket). Ada pula peralatan lainnya yang digunakan dalam permainan tenis meja. Apa saja alat yang dimaksud? Berikut rekomendasinya.

Peralatan Tenis Meja untuk Pemula dan Rekomendasinya

Permainan tenis meja atau yang akrab juga dengan sebutan pingpong adalah jenis bola kecil yang dimainkan oleh orang tua, remaja, hingga anak-anak. Olah raga ini mudah dimainkan di berbagai tempat dan tidak membutuhkan alat-alat rumit, hanya saja membutuhkan tempat yang agak lapang karena untuk menempatkan posisi meja.

Beberapa peralatan tenis meja yang direkomendasikan untuk pemula gunakan antaran lain, sebagai berikut:

  • Bola Tenis Meja
    Bola tenis meja yang digunakan dalam permainan tenis meja biasanya terbuat dari seluloid (bola pantul semacam plastik yang tingkat kekerasannya sedang), kecil berwara putih atau orange. Rata-rata berat bola tenis meja ini adalah sekitar 2,7 gram.
    Bagi pemula ukuran bola tenis meja terkadang terlihat sama, tetapi sebenarnya bola tenis meja ini mempunyai berbagai ukuran dan volume berbeda, mulai dari 150 mm x 240 mm sampai 150 mm x 260 mm. Kendati demikian bola tenis meja yang umum digunakan dan standar pada tingkat kejuaraan di samakan oleh Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) di ukuran sekitar 40 mm.
  • Raket atau Pemukul atau “bet” Tenis Meja
    Bet tenis meja alias pemukul adalah peralatan tenis meja yang lain dan tak kalah penting dari bola sebab bet merupakan tingkat kenyamanan si pemain. Bagi para pemain intens atau profesiaonal bet adalah utamanya permainan tenis meja.
    Bet tenis meja ini terbuat dari bahan kayu yang dilapisi karet berbentuk seperti dayung kecil dan berkepala bulat di kepalanya. Bagian bet tenis meja ini dibagi dua bagian, yaitu bagian gagang dan bilah.

Bagian bet

Pegangan. Bagian memanjang yang terbuat dari kayu, fungsinya untuk memegang bet pemain.
Bilah. Lapisan terdalam pada bet yang terbuat dari kayu berbentuk dayung kecil.
Lapisan penutup. Sebuah lapisan karet penutup untuk melapisi bilah bet.
Permukaan. Bagian bet yang bersentuhan langsung dengan bola sebagai pemukul, mempunyai dua sisi dengan warna yang berbeda.
Nama Alat Pemukul Tenis Meja disebut
  • Meja Tenis Meja atau Meja Lapangan
    Meja tenis meja termasuk kedalam peralatan penting yang digunakan untuk permainan tenis meja, meja yang dikeluarkan dengan standar ITTF. Meja tenis meja yang digunakan dalam turnamen harus memiliki 2,7 meter, lebar 1,5 meter dan harus ditempatkan sekitar 75 sentimeter di atas tanah.
    Adapun warna meja sesuai dengan prefensi, artinya tingakatan kelas pertandingan seperti hijau, biru atau hitam.
  • Jaring dan Tiang Penyangganya
    Jaring atau net biasanya bisa dibeli satu paket dengan bola dan bet. Namun net bisa dibeli secara satuan. Net yang digunakan harus sesuai dengan lebar meja tenis meja dan breket bawah mejanya.

Cara Bermain Tenis Meja

Cara bermain tenis meja pada dasarnya mudah dengan memantulkan bola dari area lapangan meja kamu ke meja lawan, hanya saja perlu ketepatan dalam memukul bet ke bola. Kamu juga perlu menggunakan skil ketepatan waktu agar memenangkan pertandingan. Tenis meja bisa dipermainkan secara single maupun double pada setiap tim.

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *